MI ITTAQU Surabaya Membangun Generasi Islami di Era Digital yang Berwawasan Lingkungan. Dalam rangka mengikuti Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM), MI ITTAQU meneguhkan komitmennya sebagai madrasah yang terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dengan mengusung moto “MI Ittaqu: Membangun Generasi Islami di Era Digital yang Berwawasan Lingkungan,” MI ITTAQU berupaya menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya unggul dalam aspek akademik, tetapi juga berkarakter Islami, berwawasan lingkungan, dan melek teknologi digital.
Madrasah Siap Menyongsong Inovasi Digital Era digital menuntut lembaga pendidikan untuk bertransformasi menuju sistem pembelajaran yang kreatif dan interaktif. MI ITTAQU telah mengambil langkah strategis dengan memperkuat pembelajaran berbasis teknologi melalui penggunaan media digital dalam proses belajar mengajar. Guru-guru didorong untuk mengembangkan bahan ajar inovatif berbasis multimedia, memanfaatkan platform digital untuk evaluasi pembelajaran, serta mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan literasi dan numerasi siswa. Langkah ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sekaligus membekali mereka dengan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perubahan zaman.
Berkarakter Islami dan Berwawasan Lingkungan Selain fokus pada inovasi digital, MI ITTAQU juga menjadikan pendidikan karakter Islami dan kepedulian terhadap lingkungan sebagai bagian penting dalam kurikulum madrasah. Melalui kegiatan rutin seperti Murojaah pagi, pembiasaan shalat berjamaah, program “Satu Siswa Satu Tanaman”, serta kebijakan membawa tumbler dan kotak bekal sendiri, madrasah berupaya menanamkan nilai-nilai keislaman dan tanggung jawab terhadap kelestarian alam sejak dini. Program tersebut menjadi wujud nyata dari komitmen MI ITTAQU dalam mendukung pendidikan berkelanjutan yang seimbang antara spiritualitas, intelektualitas, dan kepedulian lingkungan.
Kepemimpinan yang Inovatif dan Inspiratif Keberhasilan MI ITTAQU dalam mengimplementasikan berbagai program unggulan tidak terlepas dari peran kepala madrasah yang visioner dan inovatif. Melalui kepemimpinan yang terbuka, kolaboratif, dan berorientasi pada peningkatan mutu, kepala madrasah terus mendorong seluruh guru dan tenaga kependidikan untuk berkembang bersama. Kegiatan supervisi akademik, lesson study antar-guru, serta pelatihan peningkatan kompetensi berbasis teknologi menjadi bagian integral dalam strategi pengembangan sumber daya manusia madrasah.
Menuju Madrasah Unggul dan Berdaya Saing Dengan sinergi antara inovasi digital, penguatan karakter Islami, dan kepedulian terhadap lingkungan, MI ITTAQU terus melangkah menjadi madrasah yang unggul, adaptif, dan berdaya saing di era modern. Semangat perubahan ini menjadi bukti nyata bahwa MI ITTAQU siap menjadi pelopor madrasah inovatif yang tidak hanya mencetak generasi cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia dan mencintai lingkungannya.(Nur Sholiha, S.Pd)